Tugas 1 : Apa itu atribute, entitas dan relasi dalam ERD

    Sebelum masuk ke pembahasan tentang apa itu atribute, entitas dan relasi dalam ERD ,alangkah lebihnya baik kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu ERD.

    ERD adalah Entity Relationship Diagram yang bisa di artikan sebagai diagram penghubung, ERD ini biasanya di gunakan untuk perancangan suatu database untuk menunjukan relasi antar objek yang di sebut entitas dan beserta atribute nya, dengan menggunakan ERD ini sistem database yang sudah di bentuk menjadi lebih rapih dan tersusun. 

Lalu apa itu atribute , entitias dan relasi di dalam ERD ?

    Atribute, Entitas dan Relasi adalah komponen - komponen yang termasuk ke dalam ERD (Entity Relationship Diagram) untuk penjelasannya mengenai 3 komponen ini sebagai berikut :

1. Atribute adalah karakteristik yang merupakan penjelasan lebih detail tentang entitas yang di lambangkan lingkaran dengan bentuk oval.

2.Entitas adalah kumpulan objek yang dapat di definisikan secara unik ,entitas ini di gambarkan dengan lambang persegi panjang, Dan entitas yang lemah akan digambarkan dengan simbol persegi panjang yang kecil di dalam persegi panjang yang lebar.

3.Relasi adalah hubungan 
ketertarikan pada beberapa entitas dari gabungan lainnya, relasi ini akan dibagi menjadi beberapa jenis, seperti One to One, One to Many, dan juga Many to Many.

  • One to one
    One to one berarti setiap entitas hanya dapat memiliki relasi dengan satu entitas lain. Contohnya seperti data mahasiswa dengan NIM (Nomor Induk Siswa).

  • One to many
    One to many memiliki arti satu entitas dapat memiliki relasi dengan beberapa entitas, begitu pula sebaliknya. Contoh dari implementasi one to many ini adalah Dosen mengajar Mahasiswa.

  • Many to many
    Many to many memiliki arti setiap entitas yang ada dapat memiliki relasi dengan entitas lain, begitu pula sebaliknya. Contoh dari relasi ini adalah mahasiswa dengan data terkait HIMA ( Himpunan Mahasiswa ).


Sebagai ilustrasi boleh perhatikan contoh diagram ERD one to many berikut : 



    Dosen dan Mata kuliah yang di lambangkan oleh persegi panjang merupakan sebuah entitas, karena Dosen dan Mata kuliah termasuk kumpulan objek yang dapat di definisikan kembali oleh atribut.
Sedangkan yang di maksud dengan atribut adalah NIP, Nama Dosen, Kode Mk dan Nama Mk yang ada di dalam lambang bentuk bulat oval, kenapa? Karna seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya atribut merupakan definisi lebih detail tentang entitas itu sendiri. Sedangkan untuk lambang seperti belah ketupat merupakan bentuk hubungan atau relasi yang terjadi antara lebih dari 1 entitas.

Dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah basis data dengan dosen pengampun Pak Adi Rizky Universitas 
Ubpkarawang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 3 : Apa itu relation dalam ERD ? dan mengapa many to many tidak baik di gunakan pada ERD ?

Tugas 2 : Apa itu Primary key, Foreign key, dan Candidate key pada penerapan ERD ?

Tugas 4 : Apa itu normalisasi pada ERD ?