Tugas 6 : Apa itu Donermalisasi ?

 Denoemalisasi adalah proses mengembalikan data yang telah dinormalisasi ke dalam bentuk aslinya atau bentuk semula. Dalam konteks basis data, normalisasi adalah teknik yang digunakan untuk mengorganisasi data dalam tabel relasional agar data tersebut memenuhi aturan tertentu, seperti menghindari duplikasi data dan memastikan data disimpan dengan efisien. Normalisasi dapat menghasilkan beberapa tabel terkait yang membagi informasi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan lebih terfokus.

Denoemalisasi adalah kebalikan dari normalisasi. Ini adalah proses menggabungkan tabel-tabel yang telah dinormalisasi atau mengembalikan data ke dalam struktur asalnya. Denoemalisasi sering digunakan ketika memerlukan akses data yang lebih cepat atau untuk menghindari kompleksitas yang berlebihan dalam menggabungkan data dari beberapa tabel terkait.

Contoh sederhana denoemalisasi adalah menggabungkan beberapa tabel yang telah dinormalisasi kembali menjadi satu tabel besar. Ini dapat mempermudah pengambilan data tetapi dapat mengorbankan sebagian fleksibilitas dan efisiensi yang diberikan oleh normalisasi.

Denoemalisasi perlu diterapkan dengan hati-hati, karena dapat menghasilkan masalah seperti duplikasi data, peningkatan kebutuhan ruang penyimpanan, dan kerumitan dalam pemeliharaan data. Oleh karena itu, pemilihan untuk menerapkan denoemalisasi harus dipertimbangkan dengan cermat sesuai dengan kebutuhan aplikasi dan penggunaannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 3 : Apa itu relation dalam ERD ? dan mengapa many to many tidak baik di gunakan pada ERD ?

Tugas 2 : Apa itu Primary key, Foreign key, dan Candidate key pada penerapan ERD ?

Tugas 4 : Apa itu normalisasi pada ERD ?